Mimi Sava Punya Gaya

Hidup harus dijalani dengan sabar dan tawakal

Tidur Sehat

Eh, lo pada masih suka begadang? dugem? gak tidur? Ah, gw sih udah lewat itu smua. Gw cuma mo ingetin lo, tubuh kita perlu istirahat juga. Jangan di hajar terus. Dan, tidunya juga harus tidur yang sehat. Pengin tau?

Neh gw kasih panduan kebiasaan tidur yang sehat:

  • Cukupi kebutuhan tidur, sekurangnya 8 jam perhari.
  • Sembilan jam sebelum tidur, hindari konsumsi kafein. Kafein baru hilang dari peredaran darah setelah 9-12 jam. Klo lo merasa dapat menikmati kafein tanpa mengganggu tidur, hati-hati. Ini bisa jadi tanda klo lo kekurangan tidur atau menderita hipersomnia.
  • Tiga jam sebelum tidur, usahakan lo sudah selesai berolah raga. Olah raga memang membuat tubuh lelah, tetapi justru meningkatkan kadar adrenalin yang menyegarkan otak.
  • Satu jam sebelum tidur, tinggalkan semua pekerjaan dan biasakan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan namun bersifat santai. Hindari aktifitas yang membuat kita ‘excited.’
  • Jika sudah benar-benar mengantuk baru naik ke tempat tidur. Jangan melakukan kegiatan apa pun di tempat tidur selain tidur dan seks.

smber: dari sini

2 Comments»

  Audrey wrote @

Tanya dong…Gimana kalo kurang tidur coz biz pny baby?Ada tips2 khusus biar waktu tidur ga terganggu?

jawab: makasih atas kunjunganya mbak audrey. Saya kurang tau persis. Tapi buat saya punya baby adalah segalanya, jadi saya gak pernah merasa tidur saya terganggu. Suami aja suruh jagain. he.. he… orang bikinya sama-sama kok. tapi kalo mau jawaban ilmiah kayaknya ada di https://mimisava.wordpress.com/2008/11/20/problem-tidur-pada-wanita/

  Audrey wrote @

Emang sih punya baby adalah segalanya but bukannya kl kecapean or kurang tidur akan mempengaruhi asi kita?Blm lg kl bpknya ga mau ikutan begadang…Kasihan kan si ibu…Ada tips2 khusus?

jawab:
Kunci: Tidur Bareng. Bagi ibu yang sedang menyusui, istirahat yang cukup adalah faktor yang menentukan kuantitas produksi ASI. Tidur cukup juga kunci agar ibu tetap fit dan bisa mendampingi si kecil di masa baby moon

Agar Ibu cukup tidur dan siap menyusui saat terbangun, sebaiknya tidurlah saat si bayi tidur, bangun dan susuilah saat ia bangun. Tapi jangan lupa ya Bu, di sela waktu tidur bayi, curilah waktu untuk makan dan minum yang bergizi agar kualitas ASI tetap terjaga.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: